member

Selasa, 02 Juli 2013

Cara Membuat EM4


TUGAS ETIKA DAN NILAI LINGKUNGAN   
 PEMBUATAN EM4 MULTI GUNA
Bio-Save-Nature 

By
Rika Oktapianti, SST
PROGRAM PASCA SARJANA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
BINA HUSADA PALEMBANG
2013
PENGOLAHAN EM4 

EM4
EM-4 singkatan dari Effective Microorganisme, yaitu biakan bakteri yang biasanya digunakan sebagai activator kompos. Bakteri ini sangat berguna untuk mengembalikan sifat kimia tanah.
EM-4 pertama kali ditemukan oleh Prof. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus. Jepang. Dalam EM 4 ini terdapat sekitar 80 genus microorganisme fermentor. Microorganisme ini dipilih yang dapat bekerja secara efektif dalam memfermentasikan bahan organik. Secara global terdapat 5 golongan yang pokok yaitu:
1. Bakteri fotosintetik
2. Lactobacillus sp
3. Streptomycetes sp
4. Ragi (yeast)
5. Actinomycetes
Hingga kini, masih banyak pelaku usaha pertanian di level grass root (petani, peternak, dan pembudidaya ikan) yang kurang atau tidak mengetahui apa itu effective microorganism (EM). Padahal kumpulan mikroorganisme yang baik itu memiliki banyak manfaat untuk memacu produktivitas pertanian / perikanan / peternakan, mampu mengatasi permasalahan kebersihan dan kesehatan lingkungan, bahkan bisa dijadikan bahan baku pembuatan pupuk organik atau bokashi.
Penggunaan EM terbukti dapat memperbaiki kondisi tanah, menekan pertumbuhan mikroba penyebab penyakit, memperbaiki efisiensi penggunaan bahan organik oleh tanaman, memacu produktivitas ternak dan ikan, serta bisa memperbaiki kualitas air sungai, danau, dan pantai.

Manfaat EM4
Apabila mikroorganisme EM4 berada dalam tanah,maka mikroorganisme menguntungkan sejenis yang sudah ada di dalam tanah berkembang dengan baik.sedangkan mikroorganisme yang merugikan yang dapat menimbulkan penyakit dapat ditekan.EM4 mampu mengolah atau menguraikan bahan-bahan organik dengan cepat secara fermentasi menjadi kompos sehingga tidak menimbulkan bau busuk melainkan menimbulkan aroma yang segar.
Sebagai starter mikroorganisme pada proses dekomposer EM4 menjadi begitu penting dalam dunia pertanian organik. Jika kita harus membeli EM4 tersebut harganya lumayan mahal, padahal ada berbagai cara untuk membuat EM4 sendiri dengan harga bahan baku yang sangat murah.
Berikut ini adalah cara pembuatan EM4 yang mudah dan sederhana yang dapat kita terapkan di rumah.


Bahan – Bahan :
1.            Pepaya matang 0,5 kg
  
2.            Pisang matang 0,5 kg

3.            Nanas matang 0,5 kg
 
4.            Kacang panjang segar 0,25 kg

5.            Kangkung air segar 0,25 kg

6.            Batang pisang muda bagian dalam 1,5 kg
7.            Gula pasir 1 kg

8.      Air tuak 0,5 liter

Cara Pembuatan :
Pertama :
Pepaya, pisang, nanas, kacang panjang, kangkung dan batang pisang muda di hancurkan hingga ukuran menjadi agak halus. Buah yang digunakan harus sudah matang atau dapat juga digunakan kulit buah yang tidak dimakan.
 
Kedua :
Setelah dihancurkan, campuran bahan tersebut dimasukkan dalam ember. Campurkan gula pasir dan tuak dalam ember tadi dan aduk hingga rata.
Ketiga :
Kemudian Simpan dalam Wadah yang  ditutup rapat dan diamkan selama 7 hari
Keempat :
Setelah 7 hari disimpan, Peras bahan tadi lalu disaring

Kelima :
            Em4 Siap Dikemas Sesuai selera,, dan sisa ampas dapat digunakan sebagai kompos tanaman.




Selamat Mencoba......!!!!!!!












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar